Selasa, 07 April 2009

Pos UKK Ranai……from zero to hero…..Uka-Uka?

Ranai, 06 April 2009

Kalo kita melihat Visi indonesia sehat 2010 yang ditetapkan oleh Depkes yaitu pemeliharaan dan peningkatan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Mungkin hal ini lah yang coba dijabarkan oleh dinas kesehatan kabupaten natuna dalam setiap penyusunan programnya yang salah satunya adalah upaya pengembangan pelayanan kesehatan kerja. Sejak 2 tahun terakhir ini dinas kesehatan kabupaten natuna telah mengembangkan program ini, hal ini dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakannya yaitu sekitar juli 2007 dilakukan sosialisasi dan pelatihan pos ukk kepada 16 Puskesmas di Terempa Siantan, yang kemudian di lanjutkan dengan pembentukan 12 pos ukk.

Sebagai UPT dari dinas kesehatan, puskesmas ranai pun mulai serius dalam melakukan pengembangan upaya kesehatan bagi tenaga kerja yang ada di kecamatan bunguran timur hal ini dapat dilihat dari adanya komitmen dari kepala puskesmas dan stafnya dalam menjalankan program ini. Untuk tahun 2009 ini serangkaian kegiatan dalam upaya pelayanan kesehatan kerja telah dilaksanakan oleh puskesmas ranai seperti: sosialisasi pos ukk, identifikasi jumlah tenaga kerja, pembentukan pos ukk, survey mawas diri, musyawarah mufakat kerja, penyusunan rencana tindak lanjut, pelayanan pos ukk (Penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan ), pencatatan dan pelaporan UKK.

Upaya pengembangan pelayanan kesehatan kerja di ranai ini betul-betul dimulai dari awal (zero to Hero) yaitu dari titik nol sampai pada tahap bisa dilakukannya pelayanan kesehatan khusus kepada para pekerja, para pekerja selama ini belum memperoleh perhatian yang memadai dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja. Selama ini mereka hanya memperoleh pelayanan kesehatan secara umum namun belum dikaitkan dengan pekerjaannya.

Namun dengan adanya Pos UKK di Sepempang diharapkan masyarakat pekerja khususnya di sepempang sudah bisa memperoleh perhatian khusus dalam pelayanan kesehatan.
Pos Ukk ini dibentuk pada bulan Januari 2009 di sepempang dan untuk sementara masih menggunakan bangunan coremap kelautan, kemudian pada bulan februari 2009 telah dilakukan juga pemilihan kader dalam musyawarah mufakat pekerja hingga terpilih 5 orang kader ukk, selain pemilihan kader, dalam musyawarah tersebut juga telah disepakati mengenai jadwal pelaksanaan pelayanan ukk oleh masyarakat pekerja dimana disepakati pelayanan dilaksanakan 2 kali dalam sebulan setiap hari jum’at adapun jenis pelayanannya yaitu penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan.

Dalam pelaksanaannya pelayanan pos ukk ini masih menemui beberapa kendala sehingga pos ukk ini masih sering diplesetkan oleh teman-teman dipkm sebagai pos uka-uka artinya pelayanan pos ukk ini masih berjalan seadanya dan belum diketahui wujud aslinya hal ini disebabkan karena belum adanya juknis, format pelaporan, masih kurangnya pengetahuan pelaksana ukk dan juga pengetahuan kader pos ukk.( Djay Blog On )

1 komentar:

  1. ini kan di posting april 2009 ya...kondisi pos ukk nya sekarang bagaimana?

    BalasHapus

Komentar Anda